5 Tips untuk Mengurangi Gugup Berbicara di Depan Umum

“Ada dua jenis speaker. Mereka yang gugup dan mereka yang pendusta. "


- Mark Twain


Tahukah Anda bahwa menurut Wall Street Journal, berbicara di depan umum adalah ketakutan nomor satu di Amerika? Ketakutan akan kematian menduduki peringkat nomor dua! Itu benar — kita tampaknya lebih takut berbicara di depan umum daripada kematian fisik, ketinggian, melompat dari pesawat, atau mertua yang ditakuti.


Jika Anda memikirkannya, takut berbicara di depan umum juga merupakan ketakutan akan kematian — kematian emosional. Kami merasa telanjang dan terbuka di depan penonton. Kami pikir orang-orang akan meneliti semua yang kami katakan dan lakukan. Kita menekan diri kita sendiri untuk menjadi sempurna, atau harga diri kita menderita. Kami takut menghadapi kemungkinan penolakan.


Sekarang untuk kabar baiknya, kebanyakan dari kita dapat mengurangi kecemasan berbicara di depan umum dan meningkatkan kepercayaan diri dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk, sambil memasukkan beberapa tip bermanfaat. Berikut adalah lima tips untuk mengurangi kegugupan berbicara di depan umum, dikutip dari panduan referensi saya (klik judul): "Sepuluh Tips untuk Presentasi Percaya Diri dan Mengurangi Gugup (link eksternal)".


1. Jangan Mengharapkan Kesempurnaan dari Diri Anda


Tidak ada diantara kita yang sempurna. Kita semua tahu itu. Namun ketika berbicara di depan umum, beberapa dari kita cenderung menyalahkan diri sendiri atas setiap kesalahan kecil yang kita buat. Kami memperbesar ketidaksempurnaan kami, sambil mengabaikan semua yang baik dan baik. Sebenarnya, bahkan pembicara terbaik dan paling berpengalaman pun membuat banyak kesalahan. Ketika mereka melakukannya, mereka pulih, terus berjalan dengan anggun, dan semuanya baik-baik saja. Ini adalah salah satu kunci sukses berbicara di depan umum: terus berjalan dengan anggun. Penonton tidak akan pernah tahu sebagian besar kesalahan Anda, kecuali Anda menghentikan pidato Anda, memecah, dan mengakuinya. Lanjutkan dengan ketenangan. Izinkan diri Anda untuk tidak menjadi sempurna.


2. Hindari Menyamakan Berbicara di Depan Umum dengan Harga Diri Anda


Jika Anda membaca artikel ini, Anda mungkin seorang profesional sukses yang telah bekerja keras untuk mencapai posisi Anda saat ini. Berbicara di depan umum hanyalah sebagian kecil dari kemampuan profesional Anda secara keseluruhan. Jika Anda tidak yakin, ada banyak cara untuk membantu Anda menjadi lebih baik. Saya pernah melihat para profesional yang cerdas dan cakap mengerut di atas panggung, seolah tiba-tiba tidak ada yang benar tentang mereka. Apakah Anda pandai berbicara di depan umum atau tidak, tidak ada hubungannya dengan nilai Anda sebagai pribadi. Ini hanyalah keterampilan yang bisa Anda pelajari dan menjadi lebih baik dengan latihan.


3. Hindari Menjadi Gugup Tentang Gugup Anda


Penyanyi dan penulis lagu Bruce Springsteen, yang legendaris untuk pertunjukan konser langsungnya, pernah mengamati bahwa jika dia merasa benar-benar santai sebelum pertunjukan, dia tidak akan tampil sebaik jika dia merasa gugup. Springsteen tahu bagaimana menyalurkan kegugupannya menjadi kegembiraan dan kekuatan di atas panggung.


Pembicara yang kurang percaya diri sering merasa gugup, dan yang terpenting merasa cemas karena mereka gugup, yang menambah kecemasan. Banyak tekanan yang harus ditanggung.


Artikel berlanjut setelah iklan


Gugup adalah adrenalin kita yang mengalir, itu saja. Itu adalah bentuk energi. Pembicara yang sukses tahu bagaimana membuat energi ini bekerja untuk mereka, dan mengubah kegugupan menjadi antusiasme, keterlibatan, dan karisma. Mereka bersenang-senang dengannya (lihat tip kepercayaan diri # 8 dan # 10 di bawah). Tidak apa-apa menjadi gugup. Buat energi bekerja untuk Anda.


4. Hindari Mencoba Menghafal Setiap Kata


Kecuali Anda mengucapkan Sumpah Kesetiaan atau janji pernikahan Anda, tidak perlu menghafal setiap kata dari pidato apa pun. Mencoba melakukannya hanya akan meningkatkan stres, dan menyebabkan kegugupan yang lebih besar jika urutan kata yang Anda coba hafal salah.


5. Hindari Membaca Kata demi Kata


Hindari membaca kata demi kata presentasi Anda dari naskah. Ada perbedaan besar antara membaca dan berbicara. Membaca kering menyebarkan informasi, seringkali dengan risiko penonton tidak tertarik. Berbicara berdampak pada konten dan kepribadian Anda, sehingga tidak hanya pesan Anda dipahami, profil profesional Anda juga meningkat. Orang yang membaca naskah secara berlebihan di AS secara efektif mengurangi peluang mereka untuk naik pangkat.

Belum ada Komentar untuk " 5 Tips untuk Mengurangi Gugup Berbicara di Depan Umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel