Tips mudah untuk Berbicara di Depan Umum

Banyak orang benci memberikan presentasi di depan audiens, baik itu hanya satu orang atau seluruh gerombolan Mongolia. Sayangnya bagi ilmuwan riset, berbicara di depan umum adalah bagian dari pekerjaan dan dapat memengaruhi seberapa sukses Anda mendapatkan ide-ide Anda didengar, memajukan karier Anda, dan menerima lebih banyak dana.

 

Berikut adalah beberapa tips teratas untuk membuat berbicara di depan umum lebih mudah:

 

Kenali audiens Anda

Ilmuwan sering kali harus memberikan presentasi kepada banyak orang; dari anak sekolah hingga umum, sarjana dan ahli lainnya di bidangnya. Pastikan konten, bahasa, nada, bahasa tubuh sesuai untuk penonton.

Lebih jauh, cobalah untuk memahami mengapa penonton mendengarkan. Tanyakan: "apa yang akan saya peroleh dengan mendengarkan ceramah ini?" seolah-olah Anda sendiri adalah penonton. Perjelas tujuan Anda dan apa yang harus dicapai audiens dengan hadir. Selain itu, bangun kredibilitas Anda. Beri tahu audiens Anda mengapa mereka harus mendengarkan Anda.

Taklukkan ketakutan Anda

Lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi memahami bagaimana saraf Anda memengaruhi kemampuan Anda untuk berbicara di depan umum adalah awal yang baik. Mengetahui apa yang mungkin terjadi akan membantu menenangkan saraf Anda dan melanjutkannya jika mulai.

Pertama, semakin Anda siap, Anda akan semakin baik dan tidak terlalu gugup, dan semakin baik Anda dalam menghadapi kecelakaan.

Jangan minum kafein sebelumnya karena akan meningkatkan kecemasan Anda. Tetapi jangan mengambil air jika Anda mengalami mulut kering.

Makan sesuatu sebelumnya, kadar gula yang rendah tidak akan membantu menghilangkan pikiran gugup dan juga akan memengaruhi tingkat konsentrasi Anda.

Ingatlah bahwa penonton tidak ada untuk melihat Anda. Mereka jauh lebih tertarik dengan apa yang Anda katakan. Mereka juga tidak tertarik jika Anda gagal; mereka adalah temanmu bukan musuhmu. Ingatlah bahwa Anda berbicara sebagai layanan kepada peserta Anda, ini membantu mengurangi fokus pada Anda dan lebih banyak pada konten.

Jangan memberi tahu penonton bahwa Anda gugup. Hampir setiap orang menderita kecemasan tentang berbicara di depan umum; dari luar jarang terlihat jelas seperti yang dirasakan.

Jika perlu, gunakan teknik pernapasan dan relaksasi sebelum Anda mulai membantu meredakan kegelisahan di saat-saat terakhir.

Cobalah untuk menikmati diri sendiri (atau setidaknya terlihat seperti itu!)

Jika Anda terlihat bosan, penonton akan mengira Anda bosan. Dan jika Anda bosan dengan topiknya, lalu mengapa orang yang mendengarkan harus tertarik? Saat Anda keluar, tunjukkan senyum di wajah Anda, buat Anda tampak bahagia dan bersyukur berada di sana (meskipun Anda lebih suka berada di tempat tidur menonton Netflix). Jika Anda merasa cukup percaya diri untuk melakukannya, tambahkan sedikit humor (selama masih sesuai). Ini akan membantu Anda dan audiens Anda rileks, dan mencairkan suasana jika ruangan terasa sedikit tegang atau tidak bersahabat.

Belajar dari kesalahan Anda (dan kesuksesan)

Setiap kali Anda memberikan presentasi, luangkan waktu setelahnya untuk memikirkan apa yang berhasil dan apa yang gagal. Jika berjalan dengan baik, pertimbangkan apa yang membuatnya berjalan dengan baik. Jika berjalan buruk, analisis di mana dan bagaimana kesalahannya sehingga lain kali Anda dapat mengubah strategi dan memastikan hal yang sama tidak terjadi lagi.

Terima tantangannya

Berbicara di depan umum adalah bagian dari kehidupan seorang ilmuwan riset, dan Anda harus mengambil setiap kesempatan yang memungkinkan untuk mendukung pekerjaan Anda. Apa gunanya membuat penemuan ilmiah (besar atau kecil) jika tidak ada yang mengetahuinya?

Cara terbaik untuk mengatasi kebutuhan (terkadang disayangkan) untuk berbicara di depan umum adalah dengan menerimanya, menyadari bagaimana hal itu akan membantu Anda dan audiens Anda, dan menikmati percakapan yang dipicu olehnya.


Terima kasih atas kunjungannya, jika dirasa tulisan blog ini berharga. anda sanggup suport saya dengan metode membagikan postingan informasi website ini ke akun sosial media kalian seperti facebook, instagram, DLL, maupun bisa juga men catat laman blog ini.

Belum ada Komentar untuk "Tips mudah untuk Berbicara di Depan Umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel