Pengertian Sertifikat deposito

 Sertifikat Deposito adalah produk yang ditawarkan oleh bank yang memberikan premi suku bunga sebagai imbalan bagi pelanggan dengan membiarkan deposit tersimpan dalam jangka waktu tertentu.

Hampir semua lembaga keuangan konsumen menawarkannya, meskipun tergantung pada masing-masing bank persyaratan Sertifikat Deposito mana yang ingin ditawarkan, berapa banyak tarif yang akan lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan bank dan produk pasar uang, dan hukuman apa yang berlaku untuk penarikan awal.

Belanja sekitar sangat penting untuk menemukan tarif Sertifikat Deposito terbaik karena berbagai lembaga keuangan menawarkan kisaran yang sangat luas. Bank mungkin membayar sedikit bahkan untuk Sertifikat Deposito jangka panjang, misalnya, sementara bank online atau credit union lokal mungkin membayar tiga hingga lima kali lipat rata-rata nasional.

Sementara itu, beberapa tarif terbaik berasal dari promosi khusus, terkadang dengan durasi yang tidak biasa seperti 13 atau 21 bulan, dan bukan istilah yang lebih umum berdasarkan kenaikan 3, 6, atau 18 bulan atau setahun penuh.

Bersikap terbuka untuk berbagai institusi dan berbagai istilah adalah kunci untuk mendapatkan keuntungan tertinggi. Seringkali, stok perak dan stok logam langka lainnya bergantung pada harga Serifikat Deposito.


KESIMPULAN UTAMA

Sertifikat deposito dengan pembayaran tertinggi membayar tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan terbaik dan rekening pasar uang sebagai gantinya meninggalkan dana di deposito untuk jangka waktu tertentu.

Sertifikat deposito adalah investasi yang lebih aman dan lebih konservatif daripada saham dan obligasi, menawarkan peluang pertumbuhan yang lebih rendah, tetapi dengan tingkat pengembalian yang tidak mudah berubah dan terjamin.

Hampir setiap bank, credit union, dan perusahaan pialang menawarkan menu opsi Sertifikat Deposito.

Tarif Sertifikat Deposito teratas yang tersedia secara nasional biasanya tiga hingga lima kali lebih tinggi daripada rata-rata industri untuk setiap istilah, jadi berbelanja di sekitar memberikan keuntungan yang signifikan.

Meskipun kamu mengunci jangka waktu saat membuka Sertifikat Deposito, ada pilihan untuk keluar lebih awal jika kamu menghadapi keadaan darurat atau perubahan rencana.


Bagaimana Cara Kerja Sertifikat Deposito?

Membuka Sertifikat Deposito sangat mirip dengan membuka rekening deposito bank standar. Perbedaannya adalah apa yang kamu setujui saat menandatangani di garis putus-putus (meskipun tanda tangan itu sekarang digital).

Setelah kamu berbelanja dan mengidentifikasi Sertifikat Deposito mana yang akan kamu buka, menyelesaikan proses ini akan menguncimu menjadi empat hal. Yaitu :

1. Suku bunga: Suku bunga terkunci adalah positif karena memberikan pengembalian deposito yang jelas dan dapat diprediksi selama periode waktu tertentu. Bank nantinya tidak dapat mengubah kurs dan oleh karena itu mengurangi penghasilanmu. Di sisi lain, pengembalian tetap dapat merugikanmu jika harga kemudian naik secara substansial dan kamu kehilangan kesempatan untuk memanfaatkan Sertifikat Deposito yang membayar lebih tinggi.

2. Jangka Waktu: Ini adalah lamanya waktu kamu setuju untuk membiarkan danamu disimpan untuk menghindari penalti apa pun (misalnya, Sertifikat Deposito 6 bulan, 1 tahun, 18 bulan, dll.) Jangka waktu berakhir pada “tanggal jatuh tempo, ”Ketika Sertifikat Depositomu telah sepenuhnya jatuh tempo dan kamu dapat menarik dana tanpa penalti.

3. Prinsipal: Dengan pengecualian beberapa Sertifikat Deposito khusus, ini adalah jumlah yang kamu setujui untuk disimpan saat kamu membuka Sertifikat Deposito.

4. Institusi: Bank atau credit union tempat kamu membuka Sertifikat Deposito akan menentukan aspek perjanjian, seperti penalti penarikan awal (EWP) dan apakah Sertifikat Deposito kamu akan otomatis diinvestasikan kembali jika kamu tidak memberikan petunjuk lain pada saat jatuh tempo.

Setelah Sertifikat Deposito kamu dibuat dan didanai, bank atau credit union akan mengelolanya seperti kebanyakan rekening deposito lainnya, dengan periode laporan bulanan atau kuartalan, laporan kertas atau elektronik, dan biasanya pembayaran bunga bulanan atau kuartalan disimpan ke saldo Sertifikat Depositomu, di mana bunga akan bertambah.


Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membuka Sertifikat Deposito?

Sertifikat deposito berguna dalam beberapa situasi berbeda. Mungkin kamu memiliki uang tunai yang tidak kamu butuhkan sekarang, tetapi akan kamu inginkan dalam beberapa tahun mendatang.

Mungkin untuk liburan khusus atau untuk membeli rumah, mobil, atau perahu baru. Untuk penggunaan jangka pendek seperti itu, pasar saham secara umum tidak dianggap sebagai investasi yang sesuai. Karena kamu bisa kehilangan uang selama periode waktu tersebut.

Atau mungkin kamu hanya ingin sebagian dari tabungan diinvestasikan dengan sangat konservatif. Atau menghindari risiko dan volatilitas pasar saham dan obligasi sama sekali. Meskipun Sertifikat Deposito tidak menawarkan potensi pertumbuhan investasi ekuitas atau hutang.

Sertifikat Deposito juga tidak membawa risiko penurunan. Untuk uang yang kamu ingin pastikan benar-benar akan tumbuh nilainya, bahkan jika sederhana, sertifikat setoran dapat sesuai dengan tagihan.

Salah satu versinya adalah menggunakan Sertifikat Deposito untuk dana darurat. Ini memungkinkanmu untuk memastikan bahwa selalu memiliki cadangan yang cukup jika terjadi keadaan darurat. Karena jumlah Sertifikat Deposito tidak akan pernah berkurang.

Dan meskipun kamu mungkin terkena penalti jika kamu harus mencairkan dana lebih awal. Idenya adalah bahwa kamu hanya akan melakukan ini dalam keadaan darurat yang sebenarnya. Bukan karena alasan yang lebih ringan tetapi menggoda.

Sementara itu, kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih baik selama dana diinvestasikan daripada jika kamu menyimpannya di tabungan atau rekening pasar uang.


Dimana Saya Bisa Mendapatkan Sertifikat Deposito?

Hampir setiap bank dan credit union menawarkan setidaknya satu sertifikat deposito, dan sebagian besar memiliki beragam istilah yang ditawarkan. Jadi tidak hanya bank lokal yang merupakan outlet, tetapi juga setiap bank atau credit union di komunitasmu.

Serta setiap bank yang menerima pelanggan secara nasional melalui internet. Selain itu, kamu dapat membuka Sertifikat Deposito melalui akun broker.


Belum ada Komentar untuk "Pengertian Sertifikat deposito"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel