Beberapa unsur unsur untuk membuat proposal usaha

 Proposal usaha adalah dokumen rancangan usaha yang bersifat resmi dan memiliki manfaat yang cukup besar untuk kelangsungan usaha Anda pada saat ini dan masa yang akan tiba. Untuk itulah, sebagai wirausahawan yang cerdas, Anda harus membuat proposal sebaik mungkin dengan memasukkan unsur-unsur proposal secara lengkap, yaitu :


Untuk yang pertama adalah bab pendahuluan yang terdiri dari : Latar belakang dan motivasi melakukan usaha, perumusan masalah, tujuan program, justifikasi obyek usaha, luaran yang diharapkan dan kegunaan program.

Setelah mengetahui latar belakang kemudian dilanjutkan dengan analisis produk. Pada bagian ini memaparkan mengenai jenis, nama produk, dan karakteristiknya, Keunggulan hingga keterkaitan dengan produk lain.

Selanjutnya bagian analisa pasar : gambaran umum rencana usaha, profil konsumen, potensi dan segmentasi pasar, analisa pesaing & peluang pasar, metode pemasaran, target penjualan dan strategi pemasaran yang akan dilakukan. Pada bagian ini pastikan bahwa produk yang ingin dijual akan banyak laku terjual.

Bagian terpenting yang menjadi sorotan bagi investor adalah Laporan keuangan. Anda harus menuliskannya dengan rinci dan jelas. Unsur yang masuk ke dalam komponen keuangan biasanya : Total Biaya (Biaya tetap + biaya variabel), Harga Pokok Penjualan (HPP), Analisa Keuntungan, Pay Back Period (PBP), dan Return On Investment.

Penutup yang berisi tentang permohonan maaf dan harapan-harapan.

Lampiran-lampiran. Lampiran bisa berisi tentang biodata pemilik usaha, struktur organisasi serta surat perjanjian jika memang ingin mencapai kesepakatan dengan investor yang Anda tuju.


Nah, keenam unsur tersebut berlaku untuk semua jenis usaha termasuk proposal usaha makanan. Improvisasi terhadap format proposal usaha sah-sah saja dilakukan asalkan masih relevan terhadap pembahasan yang terkait. Sebagai contoh pencantuman visi misi, latar belakang berdirinya perusahaan, tugas masing-masing bidang, dan lain sebagainya.


Belum ada Komentar untuk "Beberapa unsur unsur untuk membuat proposal usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel