Tips presentasi yang baik dan mudah dipahami

Tips Presentasi untuk Public Speaking.


Ketahui kebutuhan audiens Anda dan sesuaikan konten Anda dengan kebutuhan mereka. Ketahui materi Anda secara menyeluruh. Letakkan apa yang ingin Anda katakan dalam urutan yang logis. Pastikan pidato Anda akan memikat audiens serta waktu dan perhatian mereka.

 

Latih dan latih pidato Anda di rumah atau di mana Anda bisa merasa nyaman dan nyaman, di depan cermin, keluarga, teman atau kolega Anda. Gunakan tape-recorder dan dengarkan diri Anda sendiri. Rekam presentasi Anda dan analisislah. Ketahuilah apa kelebihan dan kekurangan Anda. Tekankan poin kuat Anda selama presentasi Anda.

Saat Anda melakukan presentasi di depan penonton, Anda tampil sebagai aktor di atas panggung. Bagaimana Anda dianggap sangat penting. Berpakaianlah dengan tepat untuk acara tersebut. Bersikaplah serius jika topik Anda serius. Sajikan gambar yang diinginkan kepada audiens Anda. Terlihat menyenangkan, antusias, percaya diri, bangga, tetapi tidak sombong. Tetap tenang. Tampil santai, meski Anda merasa gugup. Bicaralah perlahan, ucapkan dengan jelas, dan tunjukkan emosi dan perasaan yang sesuai terkait dengan topik Anda. Jalin hubungan baik dengan audiens Anda. Bicaralah dengan orang yang paling jauh dari Anda untuk memastikan suara Anda cukup keras untuk diproyeksikan ke bagian belakang ruangan. Variasikan nada suara Anda dan drama jika perlu. Jika mikrofon tersedia, sesuaikan dan sesuaikan suara Anda.

Bahasa tubuh itu penting. Berdiri, berjalan, atau bergerak dengan gerakan tangan atau ekspresi wajah yang sesuai lebih disukai daripada duduk atau berdiri diam dengan kepala menunduk dan membaca dari pidato yang telah disiapkan. Gunakan alat peraga atau alat peraga audio-visual untuk peningkatan jika sesuai dan perlu. Kuasai penggunaan perangkat lunak presentasi seperti PowerPoint dengan baik sebelum presentasi Anda. Jangan membuat penonton Anda terpesona dengan penggunaan animasi, klip suara, atau warna mencolok yang tidak sesuai dengan topik Anda. Jangan menyiksa audiens Anda dengan meletakkan dokumen panjang dengan cetakan kecil di atas kepala dan membacakannya kepada mereka.

Bicaralah dengan keyakinan seolah-olah Anda benar-benar percaya pada apa yang Anda katakan. Bujuk audiens Anda secara efektif. Materi yang Anda sajikan secara lisan harus memiliki bahan yang sama dengan yang diperlukan untuk makalah penelitian tertulis, yaitu perkembangan logis dari PENDAHULUAN (Pernyataan Tesis) ke BODY (argumen pendukung yang kuat, informasi akurat dan terkini) hingga KESIMPULAN ( nyatakan kembali tesis, ringkasan, dan kesimpulan logis).

Jangan membaca catatan untuk jangka waktu yang lama meskipun cukup dapat diterima untuk melihat catatan Anda sesekali. Bicaralah dengan keras dan jelas. Terdengar percaya diri. Jangan bergumam. Jika Anda membuat kesalahan, perbaiki, dan lanjutkan. Tidak perlu membuat alasan atau meminta maaf yang sebesar-besarnya.

Pertahankan kontak mata yang tulus dengan audiens Anda. Gunakan metode 3 detik, mis. menatap langsung ke mata seseorang di antara penonton selama 3 detik setiap kalinya. Lakukan kontak mata langsung dengan sejumlah orang di antara penonton, dan sesekali tatap seluruh penonton sambil berbicara. Gunakan kontak mata Anda untuk membuat semua orang di audiens Anda merasa terlibat.

Bicaralah dengan audiens Anda, dengarkan pertanyaan mereka, tanggapi reaksi mereka, sesuaikan dan adaptasi. Jika apa yang telah Anda persiapkan jelas tidak sampai ke audiens Anda, ubah strategi mid-stream jika Anda sudah siap untuk melakukannya. Ingatlah bahwa komunikasi adalah kunci presentasi yang sukses. Jika Anda kekurangan waktu, ketahuilah apa yang dapat ditinggalkan dengan aman. Jika Anda memiliki waktu ekstra, ketahui apa yang dapat ditambahkan secara efektif. Selalu bersiap untuk hal yang tidak terduga.

Berhenti sebentar. Beri diri Anda dan audiens Anda sedikit waktu untuk merenung dan berpikir. Jangan berpacu dengan presentasi Anda dan membuat audiens Anda, serta diri Anda sendiri, merasa terengah-engah.

Tambahkan humor jika sesuai dan memungkinkan. Buat audiens tetap tertarik sepanjang presentasi Anda. Ingatlah bahwa pidato yang menarik membuat waktu cepat berlalu, tetapi pidato yang membosankan selalu terlalu lama untuk ditanggung meskipun waktu penyajiannya sama.

Saat menggunakan alat bantu audio-visual untuk meningkatkan presentasi Anda, pastikan semua peralatan yang diperlukan sudah disiapkan dan berfungsi dengan baik sebelum presentasi. Jika memungkinkan, siapkan sistem cadangan darurat. Periksa lokasi sebelumnya untuk memastikan pengaturan tempat duduk untuk audiens, papan tulis, papan tulis, pencahayaan, lokasi layar proyeksi, sistem suara, dll. Sesuai untuk presentasi Anda.

Siapkan handout dan berikan pada waktu yang tepat. Beritahu audiens sebelumnya bahwa Anda akan memberikan garis besar presentasi Anda sehingga mereka tidak akan membuang waktu membuat catatan yang tidak perlu selama presentasi Anda.

Ketahui kapan harus berhenti berbicara. Gunakan pengatur waktu atau jam oven microwave untuk mengatur waktu presentasi Anda saat menyiapkannya di rumah. Sama seperti Anda tidak menggunakan kata-kata yang tidak perlu dalam makalah tertulis Anda, Anda tidak membuat audiens Anda bosan dengan kata-kata yang berulang atau tidak perlu dalam presentasi lisan Anda. Untuk mengakhiri presentasi Anda, rangkum poin utama Anda dengan cara yang sama seperti biasanya.

Belum ada Komentar untuk "Tips presentasi yang baik dan mudah dipahami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel