7 Manfaat membaca buku


Buku merupakan sumber berbagai informasi yang dapat membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya. Selain itu, dengan membaca buku, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita.

Namun, banyak orang yang mengabaikan kegiatan ini dengan alasan kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet. Padahal tanpa disadari banyak manfaat dari membaca buku yang tidak kita sadari.

Berikut ini beberapa manfaat membaca buku:

1. 2,5 Lebih Rendah Terkena Penyakit Alzheimer

Dengan membaca buku, sama saja kita mengurangi risiko 2,5 kali lebih rendah akan terserang penyakit Alzheimer.

Penyakit Alzheimer adalah penyakit progresif atau perlahan-lahan yang ditandai dengan menurunnya daya ingat, kemampuan berpikir, serta perubahan perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

2. Mengurangi Stress

Banyak orang beranggapan membaca dapat membuat otak terus bekerja, padahal dengan melakukan kegiatan membaca yang bisa dilakukan selama beberapa menit dapat membantu menekan perkembangan hormon stress seperti hormon kortisol. Dengan membaca dapat membuat pikiran lebih santai sehingga hal tersebut dapat membantu menurunkan tingkat stress hingga 67%.

3. Meningkatkan Kualitas Memori

Membaca buku dapat membantu latihan otak secara maksimal daripada hanya menonton televisi atau mendengarkan radio.

Seorang Presiden Direktur dari riset Haskins Laboratories, Ken Pugh, PhD mengatakan bahwa kebiasaan membaca buku dapat memacu otak untuk berpikir dan berkonsentrasi.

4. Meningkatkan Kosakata

Dengan membaca buku jumlah kosa kata dan kemampuan berbicara meningkat sebanyak 5-15% dari hasil membaca.

Semakin banyak melakukan kegiatan membaca buku, maka akan semakin banyak kita mendapatkan penjelasan mengenai hal-hal yang belum kita ketahui, serta dapat menambah jumlah kosakata yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Melatih Ketrampilan Berpikir Dan Menganalisa

Manfaat membaca buku dapat melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis maupun menganalisis adanya masalah yang tersaji dalam apa yang kita baca. Kita seperti mendapatkan akses atau jalan untuk dapat masuk ke dalam alur cerita dan membantu dalam penyelesaian cerita tersebut. 

6. Membantu Mencegah Penurunan Fungsi Kognitif

Berdasarkan study yang dilakukan oleh Rush University Medical Center, menyatakan bahwa seseorang yang menghabiskan waktu mereka untuk melakukan kegiatan membaca, mengalami tingkat penurunan kognitif hingga 32% daripada mereka yang tidak membaca dikemudian harinya.

Membaca buku dapat membuat otak bekerja lebih efisien yaitu dengan mengubah struktur neuropathologies yang berkaitan dengan usia.

7. Meningkatkan Hubungan Sosial

Kegiatan gemar membaca buku ini juga mempengaruhi aspek kehidupan sosial manusia, dimana ia bisa lebih mengenal berbagai macam karakteristik, budaya, maupun kehidupan sosial suatu masyarakat. Sehingga apabila suatu saat ia berkunjung ke tempat tersebut, ia telah tahu bagaimana cara bersikap untuk menghormati adat serta kebudayaan mereka.

Belum ada Komentar untuk "7 Manfaat membaca buku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel