Bahaya Rokok Dan Berbagai Kandungan Di Dalamnya


Rokok merupakan produk olahan dari tembakau. Rokok yang terkenal di kalangan kita adalah berupa tembakau dan beberapa tambahan bahan lain yang digulung/dilinting dengan kertas menggunakan tangan ataupun mesin.
Di dalam sebatang rokok terdapat ribuan jenis zat senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Namun, ada beberapa senyawa paling banyak dan utama di dalamnya. Apa sajakah itu? Yuk, kita simak!
1. Nikotin
Kalian pasti tidak asing dengan senyawa ini. Nikotin merupakan salah satu senyawa organik bersifat adiktif yang terkandung di dalam daun tembakau. Positifnya dari penggunaan nikotin, yaitu dapat menghasilkan perasaan relaks, nyaman, dan mengurangi rasa sakit jika ada.
Namun, negatifnya apabila dihisap dapat menyebabkan candu dan ketagihan dikarenakan efeknya yang mempengaruhi psikologis bagi perokok. Selain itu, dapat menyebabkan perokok cenderung mempunyai keinginan merokok yang kuat.
Umumnya di dalam sebatang rokok terdapat 1–1,5 mg nikotin. Nikotin merupakan senyawa karsinogenik terbatas, lho! Maksudnya adalah nikotin menjadi penyebab tubuh kesulitan melawan sel kanker, tetapi bukan menjadi penyebab munculnya sel kanker.
2. Tar
Tar merupakan partikel halus yang terhisap ke dalam sistem pernapasan ketika seseorang merokok. Tar terkumpul dari hasil pembakaran rokok. Di dalam tar terdapat senyawa yang bersifat mutagenik (menyebabkan mutasi genetik) dan karsinogenik (menyebabkan kanker).
Hal ini menyebabkan tar merupakan toksik yang bisa merusak sistem pernapasan secara langsung. Tar adalah penyebab utama munculnya berbagai kanker di dalam tubuh. Mutasi genetik dapat menyebabkan impotensi dan gangguan kesuburan. Selain itu, dapat juga menyebabkan diabetes, serangan jantung, dan lainnya.
3. Karbon monoksida (CO)
Karbon monoksida merupakan gas yang terbentuk dari berbagai proses pembakaran seperti asap kendaraan, pembakaran kayu, batu bara, dan lainnya. Gas ini tidak berwarna dan berbau, sehingga cukup sulit untuk dihindari. Karbon monoksida menyebabkan berkurangnya kemampuan hemoglobin dalam mengikat oksigen di dalam darah.
Hal ini disebabkan CO lebih cepat terikat dengan hemoglobin dibanding oksigen dalam darah, Alhasil tubuh akan kekurangan oksigen. CO juga bisa menyebabkan pusing dan lemas. Dalam gejala terburuk menyebabkan keracunan, serangan jantung, penyakit paru-paru dan kematian.
Selain 3 senyawa kimia di atas, beberapa senyawa lainnya yang turut memberikan dampak terhadap kesehatan, yaitu Benzena yang dapat merusak sumsum tulang dan sel darah merah. Arsenik yang sama seperti tar yaitu meningkatkan potensi terbentuknya berbagai kanker di dalam tubuh. Ammonia yang dapat menyebabkan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) dan berbagai masalah pernapasan. Serta ribuan senyawa lainnya di dalam rokok yang bisa mempengaruhi kesehatan.
Jadi, itulah beberapa kandungan yang ada di dalam rokok. Jika kawan-kawan ada pendapat lain, silakan berdiskusi secara sehat di kolom komentar.

Belum ada Komentar untuk "Bahaya Rokok Dan Berbagai Kandungan Di Dalamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel