Beberapa Fakta Tentang Indonesia


Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di dunia.
Indonesia adalah kepulauan yang memiliki beragam kekayaan alamnya. Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki beragam budaya, adat, tradisi, dan etnis.
Berikut fakta Indonesia yang harus kalian tahu
1. Negeri Ribuan Pulau Dan Negara Kepulauan terbesar
Dari total 17.500 pulau di Indonesia, jumlah pulau yang dihuni oleh manusia adalah 9 ribu pulau. Namun meksipun demikian lebih dari 13 ribu pulau sisanya yang ada di Indonesia sudah resmi di daftarkan di PBB. Selain menjadi sebuah negara kepulauan terbesar di dunia fakta Indonesia lainnya menunjukkan bahwa beberapa pulau di Indonesia termasuk dalam 6 besar pulau terbesar di dunia, lho. Pulau tersebut diantaranya adalah Kalimantan, Sumatera, dan Papua.
2. Negeri Ribuan Candi
Julukan negeri seribu candi bermula ketika Candi Borobudur terpilih sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia.
Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tidak dapat ditentukan jumlah candi secara pasti di Indonesia, tentunya lebih dari 1.000 candi.
3. Warisan Dunia
Ujung Kulon di Banten yang telah diakui UNESCO sejak tahun 1991. Selain itu kamu pun tentu sudah familiar dengan Candi Borobudur yang namanya telah mendunia hingga sempat menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Ada juga sebuah Situs Arkeologi Sangiran yang berada di Jawa Tengah yang diakui dunia pada tahun 1996 dan terkenal dengan fosil manusia.
4. Paru-paru dunia
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan terluas di dunia, seperti hutan tropis atau hutan hujan.
Hutan-hutan tersebut tersebar diberbagai wilayah, seperti di Pulau Kalimantan.
Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen.
Di negara Indonesia terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
5. Julukan Tanah Surga (Heaven's Earth)
Indonesia memiliki banyak kekayaan alam yang melimpah. Tidak hanya alam tapi juga budaya yang beragam.
Tak heran banyak yang takjub dengan Indonesia. Kondisi itu harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat.
6. Zamrud Katulistiwa
Wilayah di Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa adalah Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Zamrud khatulistiwa memiliki arti keindahan batu zamrud yang dilintasi haris khatulistiwa.
7. Memiliki Garis Pantai Terpanjang ke-2 di Dunia
Panjang garis pantai di Indonesia mencapai 99.093 km setelah sebelumnya hanya mencapai 91 ribu km. Bertambahnya panjang garis pantai ini dikarenakan Badan Informasi Geospasial memetakan seluruh pesisir menggunakan skala yang lebih detail dan besar. Skala yang digunakan adalah 1:25.000 untuk Jawa dan Bali, 1:50.000 untuk Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
8. Dihuni oleh Kadal Terbesar di Dunia
Komodo diyakini sebaai salah satu binatang purba yang sampai saat ini masih bertahan hidup. Fakta Indonesia mengungkapkan bahwa binatang purba ini hanya hidup di salah satu pulau Indonesia! Komodo dinyatakan sebagai spesie kadal terbesar di dunia dan telah tinggal di Indonesia sejak 2 juta tahun lalu. Komodo kini dirawat dan dilindungi di Taman Nasional Pulau Komodo dengan jumlah komodo mencapai 2.500 komodo.
9. Terkenal dengan Gotong Royong
Mari kita bahas karakteristik masyarkat Indonesia. Beryukurlah kita lahir di negara yang menjunjung nilai gotong royong atau kebersamaan yang cukup tinggi. Negara lain yang sudah maju belum tentu memiliki nilai dan rasa kekeluargaan yang tinggi seperti yang dimiliki negara kita. Hal ini patut untuk kita banggakan dan lestarikan sampai kita tua dan tanamkan kepada anak juga cucu kita kelak.
10. Kopi Termahal
Kopi merupakan minuman yang banyak di sukai di seluruh dunia. Dan kopi yang diakui dunia sebagai kopi terbaik karena rasanya yang enak sekaligus menjadi kopi termahal adalah kopi luwak. Brazil boleh menjadi negara penghasil kopi terbesar sementara Indonesia berada di posisi ketiga, tetapi kopi luwak kopi yang dihasilkan bersama kotoran oleh musang ini asli berasal dari Indonesia. Walaupun mahal, kopi fenomenal itu banyak di cari terutama oleh penikmat kopi.
11. Cincin Api Dunia
Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif.
12. Macan Asia Tertidur
Julukan Macan Asia Tertidur aslinya adalah "Macan Asia". Namun julukan itu berubah menjadi Macan Asia yang tertidur pada era modern.
Julukan itu muncul lantaran negara-negara Asia mengakui bahwa Indonesia memiliki potensi menjadi sebuah negeri adidaya.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Fakta Tentang Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel