Jawaban Exam Meningkatkan Kepemimpinan Manajer Keuangan Skill Academy

Buat teman-teman yang membeli kelas Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan bagi Manajer Keuangan di skill academy. Sudah pasti diakhir materi pembelajaran, akan ada soal exam yang harus dijawab dengan minimal scor/nilai yang sudah ditentukan skill academy.

Berikut kunci jawaban exam Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan bagi Manajer Keuangan Skill Academy :

1. Divisi risk analyst sedang kekurangan manpower untuk memenuhi deadline dari perusahaan. Di sisi lain, karena pandemi, beberapa agen asuransi di bawah pimpinan kamu sedang tidak memiliki banyak load.

Apa yang dapat kamu lakukan untuk membantu divisi risk analyst dan tentu juga perusahaan?

A. Menawarkan diri untuk langsung membantu divisi risk analyst dengan tetap menjalankan role kamu

B. Menawarkan diri untuk langsung membantu divisi risk analyst dengan akibat kamu jika tidak dapat memenuhi role kamu

C. Menawarkan diri untuk langsung membantu divisi risk analyst dan minta agen asuransi untuk mem-back up role kamu

D. Mengalokasikan agen asuransi yang sedang "kosong" untuk sementara membantu divisi risk analyst

E. Mengalokasikan semua agen asuransi untuk sementara membantu divisi risk analyst

Jawaban : D

2. Perhatikan pernyataan dibawah ini
  1. Meminta bantuan orang lain Jika membutuhkan dalam memperbaiki kesalahan keputusan
  2. Menyelesaikan masalah secara sistematis
  3. Menerima kesalahan dan bertanggung jawab atas kesalahan dalam mengambil keputusan
  4. Mengambil pelajaran dan move on
Seperti apakah urutan yang tepat dalam memperbaiki keputusan yang salah?
A. III, II, IV, I
B. III, I, II, IV
C. III, IV, I, II
D. IV, I, II, III

Jawaban : B

3. Kamu adalah manajer asuransi suatu perusahaan. salah satu klien kamu belum memberikan keputusan untuk ikut bergabung dalam program yang kamu tawarkan. sebelum deadline, kamu ingin kembali bernegosiasi dengan klien tersebut. namun sayangnya klient sedang berada di Kanada.

Apa yang sebaiknya kamu lakukan?

A. Negosiasi tidak langsung dengan mendatangi klien di Kanada

B. Negosiasi tidak langsung dengan membalas Story IG liburan klien di Kanada

C. Negosiasi tidak langsung dengan mengirim email kepada klien

D. Negosiasi langsung dengan mendatangi klien di Kanada

E. Negosiasi langsung dengan membalas Story IG liburan klien di Kanada

Jawaban : C

4. Manakah dibawah ini yang merupakan karakteristik yang diperlukan untuk kerangka pelaporan keuangan yang efektif?

A. Transparansi terhadap ekonomi yang mendasarinya

B. Konsistensi dalam dasar pengukuran yang digunakan diseluruh neraca

C. Perlakuan yang seragam atas transaksi oleh entitas yang berbeda

D. A dan b benar

E. B dan C benar

Jawaban : A

5. Kamu memiliki anggota tim baru bernama Rana yang merupakan fresh graduate dari luar kota tempat kamu berdomisili dan bekerja. setelah sebulan bekerja, Rana terlihat susah bersosialisasi dengan anggota tim lainnya. saat kamu Bertanya kepadanya, Rana mengaku kesulitan memahami kebiasaan orang-orang di kota ini.

Apa yang bisa kamu lakukan sebagai leader dengan menggunakan EQ dan CQ yang tepat?

A. EQ: Tanyakan kebiasaan apa yang Rana tidak pahami, dan bantu jelaskan arti atau makna dari kebiasaan tersebut
CQ: Secara logika, ketika ia menerima pekerjaan, seharusnya sudah mempelajari budaya Kota ini. jadi kamu biarkan ia beradaptasi secara mandiri
B. EQ : Berilah motivasi untuk tetap positif dan berusaha untuk mengikuti kebiasaan di kota ini
CQ: Tanyakan perasaannya tentang kesulitan yang dihadapi Rana, lalu tunjukkan empati ketika ia menceritakan perasaannya
C. EQ: Tanyakan perasaannya tentang kesulitan yang dihadapi Rana, lalu tunjukkan empati ketika ia menceritakan perasaannya
CQ: Jelaskan bahwa hambatan budaya yang dialami adalah karena usahanya yang kurang untuk mengikuti kebiasaan di kota ini
D. EQ: Tanyakan perasaannya tentang kesulitan yang dihadapi Rana, lalu tunjukkan empati ketika ia menceritakan perasaannya
CQ : Tanyakan kebiasaan apa yang Rana tidak pahami, dan bantu jelaskan arti atau makna dari kebiasaan tersebut
E. EQ:  Berilah motivasi untuk tetap positif dan berusaha untuk mengikuti kebiasaan di kotaini
CQ: Jelaskan bahwa hambatan budaya yang dialami adalah karena usahanya yang kurang untuk mengikuti kebiasaan di kota ini

Jawaban : D

6. perhatikan kalimat-kalimat dibawah ini
  1. Kemampuan untuk memahami orang lain dalam konteks budaya
  2. Kemampuan memahami emosi diri dan orang lain
  3. Kecerdasan yang memiliki banyak definisi dan bentuk
Secara berurutan, pasangan yang tepat untuk kalimat di atas sesuai dengan namanya ialah...
A. IQ, EQ, IQ
B. CQ, EQ, IQ
C. CQ, IQ, IQ
D. CQ, EQ, IQ
E. IQ, CQ, EQ

Jawaban : D

7. 
  1. Small talk
  2. Relationship
  3. Scanning
  4. Conversation
  5. Approaching
Bagaimana urutan menjalin networking dengan seseorang?
A. 1-2-3-4-5
B. 1-3-5-4-2
C. 3-5-1-4-2
D. 3-1-4-2-5
E. 5-3-1-4-2

Jawaban : C

8. Bagaimana caranya untuk menjadi leader yang tidak hanya efektif tetap juga inspiratif bagi tim?
A. Mengakui dan menghargai hasil kerja tim
B. Tidak memberi credit "thanks to team" saat mempresentasikan projek yang selesai dengan baik.
C. Menjadi leader yang jangan memberi semangat dan juga jarang memberi energi positif untuk tim
D. Menjadi reaktif terhadap kesalahan anggota tim
E. Less-prepare dan less-communicate dalam menghadapi berbagai situasi

Jawaban : A

9. 
  1. Perhatikan penerima pesan
  2. Perhatikan umpan balik
  3. Perhatikan pengirim pesan
  4. Perhatikan pesan
Urutan cara mengatasi hambatan berkomunikasi adalah...
A. 1-2-3-4
B. 1-3-2-4
C. 2-1-3-4
D. 3-4-1-2
E. 3-1-2-4

Jawaban : D

10. Dea, salah satu anggota tim kamu, memberi feedback bahwa terkadang saat ia berbicara langsung denganmu, kamu terlihat tidak fokus, suka mengecek hp, dan menanyakan hal yang sebenarnya sudah dijelaskan atau akan dijelaskan saat Dea berbicara.

Apa yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan skill active listening dari feedback Dea?
A. Memberi perhatian penuh saat orang lain berbicara
B. Jangan memotong lawan bicara saat ia sedang berbicara
C. Bertanya hanya saat lawan bicara ada jeda saat berbicara untuk mengklarifikasi hal yang tidak dimengerti setelah mendengarkan semua informasi
D. Gunakan bahasa tubuh dan kata-kata yang tepat untuk menunjukkan bahwa kamu mendengarkan dengan sungguh-sungguh
E. Semua benar

Jawaban : E

11. Kamu baru saja pindah ke kantor baru dan belum banyak mengenai orang-orang disana, terutama tim yang kamu pimpin.

Apa yang dapat kamu lakukan agar lebih mengenal mereka?
A. Melakukan soft networking dengan membuat acara gathering divisi
B. Melakukan soft networking dengan beramai-ramai hadir dalam seminar tentang asuransi
C. Melakukan hard networking dengan membuat acara gathering divisi
D. Melakukan hard networking dengan beramai-ramai hadir dalam seminar tentang asuransi
E. Melakukan hard networking untuk mempromosikan olshop kamu

Jawaban : A

12. Parafrase adalah salah satu jenis feedback dalam melakukan komunikasi. Maksudnya adalah...
A. keadaan ketika komunikasi telah menerima komunikator
B. keadaan ketika komunikator mengulangi pesan yang diberikan
C. keadaan ketika komunikan mengulang kembali pesan yang telah diterimanya
D. keadaan ketika komunikator membuktikan pesannya diterima dengan baik
E. keadaan ketika komunikan menerima keadaan komunikator ketika menyampaikan pesan

Jawaban : C

13. Topik atau pembahasan apa yang perlu kamu HINDARI saat melakukan small talk?
A. Sajian makanan atau minuman saat acara
B. Cuaca saat acara berlangsung
C. Hubungan pribadi
D. Kondisi venue acara
E. Hiburan yang ada dalam acara

Jawaban : C

14. Apa langkah pertama yang harus kamu lakukan saat akan menghadiri networking event?
A. Membawa teman
B. Riset
C. Wingman
D. Wingmate
E. Business card

Jawaban : B

15. Kamu sedang one-on-one dengan salah satu agen asuransi. Di sesi tersebut, agen kamu berbicara kurang jelas sehingga dia ingin mengulangi apa yang dia sampaikan dua kali.

Sebagai leader-nya, bagaimana sikap respect yang dapat kamu tunjukkan?
A. Mengalihkan masalah yang sedang dia coba sampaikan agar kamu dapat menyampaikan concern kamu
B. Mempersilakan dia mengulangi penyampaian masalahnya
C. Langsung menanyakan kepadanya apa solusi yang dapat dia lakukan
D. Menanyakan hal lain terkait pekerjaannya akhir-akhir ini
E. Langsung menghentikan sesi one-on-one

Jawaban : B

16. Kamu tidak sengaja melihat ada karyawan dari divisi lain yang sedang berkonflik. Sebagai seorang leader yang juga bagian dari perusahaan, apa yang akan kamu lakukan untuk mengatasi situasi konflik?
A. Langsung menghakimi karyawan-karyawan tersebut
B. Hanya mendengarkan masalah dari masing-masing sisi karyawan yang berkonflik
C. Tidak menghakimi, mendengarkan masalah dari dua sisi, dan membantu mereka menemukan pemicu konflik
D. Membantu mereka menemukan pemicu konflik tanpa mendengarkan masalah dari dua sisi
E. Tidak menghakimi, mendengarkan masalah dari dua sisi dan meninggalkan mereka

Jawaban : C

17. Dewa adalah agen asuransi baru di tim kamu. ia punya banyak pengetahuan dan mampu memahami bahasa verbal dan nonverbal cukup baik. Namun komunikasi Dewa dan rekan kerjanya masih sering terhambat.

Berdasarkan kasus ini, apa kemungkinan penyebab yang dapat kamu simpulkan?
A. Kurang memahami perasaan
B. Kurang kontak fisik
C. Minimnya kontak mata
D. Hubungan yang kaku
E. Hilangnya rasa saling menghargai

Jawaban : D

18. Kamu adalah leader dari divisi web development. Hari ini kamu akan brainstorning dengan tim untuk sebuah project yang bertujuan menaikkan traffic website dan meningkatkan penjualan.

Pertanyaan 5W1H apa yang tepat untuk ditanyakan saat brainstorning?
A. Why, mengapa klien ingin meningkatkan traffic website?
B. What, fitur apa saja yang bisa diperbaiki dalam website nya untuk meningkatkan traffic?
C. When, kapan website yang sudah diperbaiki bisa di launch?
D. B dan C benar
E. A dan B benar

Jawaban : D

19. Kamu sedang berada di event networking dan kamu telah scanning calon klien yang bisa diajukan produk asuransi B2B, Lalu kamu menghampiri mereka yang terdapat dalam list scanning yang ber-network dengan open group sekaligus melakukan small talk.

Setelah itu, apa tahap networking yang kamu lakukan selanjutnya?
A. Melihat list scanning lagi saat sudah duduk dalam open group
B. Melakukan elevator pitch untuk menyampaikan kelebihan diri
C. Melakukan elevator pitch untuk menyampaikan kelebihan diri
D. Melakukan small talk untuk mengulik kehidupan pribadi calon klien
E. Melakukan small talk untuk membangun keakraban sehingga nantinya bisa bekerja sama secara B2B

Jawaban : B

Belum ada Komentar untuk "Jawaban Exam Meningkatkan Kepemimpinan Manajer Keuangan Skill Academy"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel