Kunci Jawaban Exam Skill Academy Menulis Naskah Iklan, Menerapkan SEO, Menjadi Spesialis Periklanan S


Berikut kunci jawaban exam Menulis Naskah Iklan (Copywriting) dan Menerapkan SEO untuk Menjadi Spesialis Periklanan Skill Academy :
Note : Jawaban yang benar diberi tanda (✔)

1. Farah merasa bahwa konten SEO nya sudah maksimal, namun saat dilakukan pencarian, kontennya tidak muncul di search engine. Setelah di cari tahu, ternyata memang konten yang Farah buat kalah bersaing dengan konten kompetitor.
Untuk menyiasati hal ini tidak terjadi lagi, pada SEO selanjutnya, Farah melakukan cara "curi start" atau memposting konstennya beberapa hari lebih cepat dibandingkan kompetitor. Tindakan "curi start" yang Farah lakukan merupakan...

A. Salah, karena mencuri merupakan tindakan tidak terpuji
B. Salah, karena konten akan kurang dipercaya
C. Salah, karena konten menjadi tidak SEO friendly
D. Benar, agar konten Farah lebih dahulu mendapatkan engagement    (✔)
E. Benar, agar konten Farah terhindar dari backlink

2. Tulisan yang terdapat kata "diskon", "dagang", "jual", "barang", disertai "nama produk", termasuk dalam konsep keywords ...

A. Navigational
B. Informational
C. Transactional    (✔)
D. Validation
E. Tangible

3. Perhatikan contoh berikut:
"Nikmat kulit putih bersinar dengan memakai lotion BCD"
Checklist dalam call to action tersebut adalah ...

A. Style dalam beriklan
B. Benefit dan urgensi yang didapatkan konsumen    (✔)
C. Pengurangan resiko konsumen
D. Pengurangan resiko penolakan dari konsumen
E. Mengetahui goals iklan

4. Joana ditugaskan untuk membuat copy menggunakan social proof dari beberapa pengguna produk. Maka ia melakukan kontak kepada pengguna produk terpilih untuk menyampaikan testimoni mereka sesuai dengan pengalaman penggunaan produk. Namun, ada beberapa pengguna yang menambahkan testimoni yang terdengar negatif dalam mengulas produk.
Yang harus Joana lakukan sebagai seorang copywriter adalah?

A. Memasukkan semua testimoni yang sudah ia dapatkan
B. Mengubah bunyi testimoni yang negatif menjadi positif
C. Hanya menggunakan ulasan yang bersifat positif    (✔)
D. Sensor nama pengguna yang memberikan ulasan negatif
E. Mengancam pengguna yang memberikan ulasan negatif

5. Perhatikan contoh di bawah ini:
  1. Memilih boyband asal Korea Selatan sebagai brand ambassador
  2. Menyebutkan satu produk best seller untuk menarik minat konsumen pada produk lain
  3. Menampilkan review pengguna yang puas menggunakan produk
  4. Mengeluarkan iklan bersambung untuk membuat penasaran
Contoh penerapan "Halo Effect" sebagai paychological triggers adalah ...

A. 1 dan 2    (✔)
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
E. 1 dan 4

6. SEO copywriting dibutuhkan dalam suatu bisnis karena dapat membantu dalam membangun kepercayaan audiens terhadap brand. Bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut?

A. Menyediakan konten minimalis yang tidak sulit dalam tahap produksinya
B. Menyediakan konten yang menarik, berkualitas, dan selalu terkini    (✔)
C. Mempertahankan jenis konten yang dibuat sehingga tidak berubah sepanjang waktu
D. Membuat lebih dari 20 konten yang memuat materi serupa dalam sehari
E. Selalu meniru konten yang dihasilkan oleh kompetitor namun dibedakan dengan tulisan yang menarik

7. Psychological triggers yang memberikan positive experience atau pengalaman positif kepada target konsumen disebut hallo effect.
Manakah dibawah ini yang termasuk contoh halo effect sebagai psychological triggers?

A. Menampilkan review pengguna yang puas menggunakan produk
B. Memilih influencer papan atas sebagai brand ambassador    (✔)
C. Mengumpulkan konsumen yang memakai produk
D. Menentukan nama brand sebagai media iklan produk
E. Membuat copywriting yang menarik emosi konsumen

8. Rian yang merupakan salah satu senior SEO di perusahaan e-commerce, saat melakukan riset kompetitor dengan tujuan agar ia bisa mengalahkan kompetitor di mesin pencari. Namun, Rian melakukan riset terlalu dalam, Hal ini berdampak kepada Rian yang kemudian cenderung mengadaptasi konsep dan strategi SEO kompetitor dalam pekerjaannya. Jika dilanjutkan maka hal ini mampu mengindikasikan Rian sebagai plagiat. Apa yang harus Rian lakukan untuk mengubah situasi ini?

A. percaya insting jika memang menurutnya konsep kompetitor memang lebih baik
B. pura-pura tidak tahu bahwa yang ia kerjakan merupakan adaptasi dari kompetitor
C. mencari pembelaan dari rekan kerja
D. mengevaluasi hasil kerjanya dan bersifat objektif terhadap hasil riset    (✔)
E. menyerahkan hasil kerjanya kepada atasan

9. Manakah yang merupakan workflow digital marketing process?

A. Experiment → Data Gathering → Data Analysis → Insight
B. Plan → Execution → Data Gathering → Insight
C. Execution → Data Gathering →  Data Analysis → Insight → Plan
D. Plan & hypothesis → Execution → Data Gathering → Data Analysis → Insight    (✔)
E. Plan & hypothesis → Data Gathering → Data Analysis → Insight

10. Fira yang sebelumnya merupakan copywriter untuk konten- konten advestorial produk kecantikan wanita, mendapatkan challenge untuk promosi yakni diberi tanggung jawab untuk mengerjakan konten otomotif. Untuk menghadapi perubahan tugasnya, hal yang perlu Fira lakukan adalah...

A. pindah hobi menjadi pegiat otomotif
B. melakukan riset produk, kompetitor, media, dan target audience otomotif    (✔)
C. melakukan wawancara dengan tokoh-tokoh otomotif legendaris
D. mengikut event-event otomotif
E. belajar dari atasan sebelumnya

11. Sebagai seorang lead, Ibnu ditugaskan untuk melatih bawahannya yang memiliki kecenderungan tidak mau bekerja sama dengan tim, dan juga cenderung hanya ingin mengerjakan copy yang sesuai dengan minatnya saja. Hal ini terkadang menghambat flow kerja tim. Yang seharusnya Ibu ajarkan kepada bawahannya tersebut adalah...

A. menjelaskan proses riset
B. mengajarkan cara mengasah creative thinking    (✔)
C. menjelaskan materi aspek psikologis dalam copywriting
D. menjelaskan resiko writter's block
E. menugaskan pekerjaan sesuai minat bawahannya

12. Sebuah copywriting harus bisa menarik dan mengambil perhatian, dan emosi target konsumen.
Hal ini termasuk dalam kekuatan copywriting, yakni ...

A. Engage
B. Influence    (✔)
C. Attention grabber
D. Educate
E. Persuade

13. Saat bekerja sama dengan client, Anita sebagai seorang copywriter mendapatkan brief yang tidak sesuai dengan produk yang akan dibuatkan copynya. Yang harus Anita lakukan untuk menjaga profesionalitasnya adalah?

A. menolak brief dari client
B. membuat copy dengan memaksimalkan 4-U formula    (✔)
C. bersikap subjektif terhadap hasil riset produknya
D. mengalihkan pekerjaannya ke rekan kerja lain
E. menggunakan copy yang sebelumnya sudah pernah ia buat untuk client lain

14. Perubahan pola kerja menjadi work from home membuat Reina lumayan kesulitan untuk melakukan komunikasi dengan tim internalnya maupun tim lain yang bekerja sama dengannya. Semua komunikasi berubah menjadi online, via chat, telepon, ataupun zoom meeting. Tak jarang hal ini menyebabkan misscommunication terkait brief yang ingin ia sampaikan apalagi dengan tim design, alhasil pekerjaan pun terganggu. Hal apa yang harus Reina lakukan untuk mengatasi hal ini?

A. menciptakan deck brief baru dan jadwal zoom meeting bersama dengan tim terkait    (✔)
B. menugaskan bawahannya untuk melakukan brief kepada tim lain
C. mengikutsertakan tim lain untuk meeting bersama tim nya
D. meminta client membuatkan brief secara tertulis
E. meminta bantuan atasan

15. Adi menemukan masalah saat mencari nama merek perusahaannya di Google, situs yang perusahaan tersebut miliki tidak muncul. Maka, tindakan yang harusnya segera dilakukan adalah...

A. tambahkan url ke google    (✔)
B. membayar pemasangan kata kunci ke google
C. lakukan restrukturisasi data
D. memasang sertifikat SSL
E. sewa peta situs dari pengembang web

16. 
  1. Sub-heading
  2. Motto
  3. Call to action
  4. Body copy
  5. Closing
Yang termasuk bagian dalam sebuah copy adalah...

A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)    (✔)
C. 2), 3), 4)
D. 2), 4), 5)
E. 3), 4), 5)

17. Karina membuat iklan video bertema Hari Ibu. Premis videonya adalah seorang anak yang terbiasa makan malam bersama Ibunya dari kecil, tapi saat sudah dewasa dia hampir tidak pernah makan bersama lagi karena terlalu sibuk bekerja. Supaya lebih mengena ke emosi target konsumen, "Kalau kamu, kapan terakhir makan bareng Ibu?". Pertanyaan tersebut termasuk faktor penguat dalam teknik storytelling, yaitu...

A. Relatable
B. Keep it short and simple
C. Tepat sasaran
D. Thought provoking    (✔)
E. Empati

18. Mana di antara pernyataan berikut yang benar?

A. Whitehat SEO lebih beresiko dibanding grayhat SEO
B. Link dari website antah berantah sama nilainya dengan website populer
C. Whitehat SEO adalah cara yang sesuai dengan panduan mesin pencari    (✔)
D. Mesin pencari tidak pernah meng-update algoritmanya
E. Whitehat SEO adalah strategi yang paling murah secara biaya

19. Bagaimana proses SEO?

A. On-page optimization → off-page optimization → keyword research → measurement & analysis
B. Keyword research → on-page optimization → off-page optimization → measurement & analysis    (✔)
C. Measurement & analysis → on-page optimization → off-page optimization → keyword research
D. Keyword research → off-page optimization → on-page optimization → measurement & analysis
E. Off-page optimization → on-page optimization → keyword research → measurement & analysis

20. Perhatikan contoh berikut:
  1. Sangat selektif dengan ide sendiri
  2. Memperbanyak baca buku, jumat, berita untuk memperbanyak referensi
  3. Membaca topik yang disukai saja
  4. Berlatih untuk melihat masalah dari sudut pandang lain
  5. Rajin streaming
 Hal yang harus dilakukan untuk mengasah kemampuan creative thinking adalah ...

A. 1 dan 2
B. 2 dan 4    (✔)
C. 2 dan 5
D. 3 dan 4
E. 1 dan 3

Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Exam Skill Academy Menulis Naskah Iklan, Menerapkan SEO, Menjadi Spesialis Periklanan S"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel