Kesalahan Terbesar Dalam Belajar Yang Jarang Kita Ketahui


Pernahkan kalian sadar? Kita belajar begitu banyak pelajaran di sekolah, tapi untuk apa?
Apakah itu semua ada gunanya?

Sayangnya yang kita temui kebanyakan disekolah, kita terlalu fokus menghafal, bukan benar-benar nyoba paham. Itulah yang bikin kita, meskipun nilainya bagus tapi pas begitu lulus langsung buyar lupa semua yang udah pernah dipelajarin. Ditambah lagi bingung pas lulus semua ilmunya mau diapain.

Padahal sepanjang sejarah, dunia kita dibangun oleh orang-orang hebat yang pengen nyoba paham akan hal-hal yang susah di dunia ini. makanya, satu kesalahan terbesar dalam belajar adalah kita terlalu fokus menghafal. Hafalan bukannya sama sekali tidak penting, tapi hafalan saja tidaklah cukup. 

Jika kita lihat di luar sana, dunia kita semakin cepat berubah. Menghadapi dunia seperti ini, kita nggak bisa cuma ngandelin hafal doang. Kita harus bisa juga jadi orang yang bisa ngikutin perkembangan zaman. 

Dengan cara melihat kembali semua bidang pelajaran dengan kacamata yang berbeda.
Mulai dari gunanya di kehidupan nyata, cerita dibaliknya, dan kecocokannya dengan kalian. Hingga akhirnya kalian bisa jadi diri sendiri.

Mari kita bahas gimana cara belajar yang baik semoga bisa berguna di kehidupan kita :

Langkah Pertama Dalam Belajar

Di sekolah atau kuliah, mungkin kita sering banget ketemu rumus dan istilah yang susah. Tapi ingat! Tahan diri kalian untuk nggak cuma menghafal dan nebak-nebak jawabannya aja. Justru akuin aja kalau misalnya kalian emang belum ngerti tentang sesuatu. Karena itu adalah langkah pertama yang paling penting dalam belajar. 

Karena jika kita merasa diri kita sudah tahu segalanya, maka kita tak akan pernah benar-benar belajar lagi. Jadi kalau nggak ngerti istilah susah, jangan pura-pura ngerti dan nebak-nebak jawabannya. Tapi cari tau artinya. Kalau kita nggak ngerti rumus jawabannya kenapa bisa begini, cari tau kenapa jawabannya bisa begitu. Terus latihan dan pahami konsepnya.

Kalau nggak ngerti pelajaran ini nanti gunanya buat apa, bahkan nggak ngerti sekolah itu gunanya buat apa, jangan belajar cuma demi lulus. Cari tau juga apa gunanya kalian belajar buat di kehidupan kalian nanti. Jadi jangan pernah malu jika kita nggak tau semua jawabannya, Malulah jika kita merasa diri sudah tau segalanya.

Belajar Dari Dasarnya

Dunia kita penuh dengan ilmu-ilmu baru yang terus bermunculan tiap harinya. Dengan begitu banyaknya ilmu pengetahuan di dunia ini, untuk kita bisa mempelajari sesuatu dengan cepat penting banget untuk kita melihat pengetahuan jadi semacam cabang pohon. Artinya pastikan kita sudah memahami prinsip-prinsip dasarnya dulu, yaitu batang dan cabang-cabang besarnya, sebelum kita masuk ke ranting dan dedaunannya. atau kalau nggak mereka nggak akan punya pegangan untuk bisa digantung ke mana-mana.

Kita ambil contoh pelajaran matematika makanya penting banget untuk kita misalnya paham matematika secara dasarnya dulu, baru bisa masuk ke cabang-cabangnya. Karena yang sering kita alamin waktu belajar di sekolah kita sering banget gagal memahami pelajaran karena kita suka melewatkan bagian-bagian penting dasarnya. atau kita sesimple tidak pernah melihat gambaran besarnya. Susah untuk belajar sesuatu jika kita tidak mengerti dasar-dasarnya dulu, susah untuk belajar sesuatu jika kita tidak tau kita sudah ada di level berapa.

Mencari Sesuatu Yang Kita Suka

Jadi, pelajaran-pelajaran yang kita pelajari di sekolah adalah ilmu dasarnya. Apakah penting untuk kita pelajari semua yang diajarkan di sekolah? Jawabannya Sangat penting. Karena kalian perlu dasar-dasar ini semua untuk bisa bertahan hidup di zaman yang berkembang begitu pesat seperti sekarang. Sekaligus kalian perlu mencari tau mana yang kalian suka untuk bisa berkontribusi terhadap kemajuan dunia ini. 

Contoh seperti kita belajar matematika, Menghitung dan melatih logika adalah kemampuan dasar buat kita menghadapi tantangan di kehidupan nyata nanti. Karena yang akan kita hadapi di kehidupan nyata bukan lagi soal-soal ujian. tapi tantangan-tantangan di dunia dan hidup kita nanti, Makanya belajar bukan hanya teori yang dihafal. Tapi juga bisa berguna kita praktekkan untuk kehidupan kita. 

Belum ada Komentar untuk "Kesalahan Terbesar Dalam Belajar Yang Jarang Kita Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel